Sunday 22 September 2019

Ini Basicku. Mana Basicmu?

4 comments
Hello, I'm not a good writer. Such an amateur that gives her best part to make a stories. Based on a true story or fiction.

Dulu sekali sejak SMP aku sudah hobi menulis. Bahkan ada beberapa tulisan yang kumasukkan ke fanpage penulis untuk fanfiction, khususnya anime. Apalagi aku punya teman yang hobinya sama, tapi katanya dia tak sehebat aku dalam merangkai kata-kata. Dialah yang selalu menyemangatiku, namanya Salsha. Orangnya sangat cantik dan elegan. Aku bersahabat dengannya beberapa tahun sampai akhirnya kami tidak sekelas lagi.

Dan aku menyukai teman-teman yang saling jatuh cinta. Aku merangkai kata-kata dan menamai tokohku dengan nama mereka. Aku memasukkannya ke facebook dan tidak pernah tahu kalau responnya sebagus itu. Sejak saat itu lagi, aku tak berhenti menulis setiap harinya hanya untuk dibaca oleh mereka.

Aku membaca banyak novel, dan yang paling kusuka adalah Novel Ilana Tan. Penulisa favoritku yang membuat aku selalu meniru pola katanya, yang walaupun terkesan sangat monoton, seperti aku, dan kau. Ini juga kutuangkan dalam tulisanku yang berjudul 'Silent Love'.

Nah, aku terlarut dalam unsur seperti itu hingga aku memutuskan terjun ke dunia Wattpad dan menulis untuk Genre : Teenfic, Fiction, Romance. Aku berusaha mengikuti beberapa lomba Cerpen yang terus kugeluti. Walaupun hanya beberapa saja yang menang.

Aku mencoba jalanku yang lain seperti menulis Puisi. Dan anehnya, setiap puisi yang kukirimkan selalu diterima kontributor buku yang membuat aku menyadari bahwa basicku dalam merangkai kata-kata seharusnya sudah lama dituangkan dalam puisi. Lagi dan lagi, aku mencoba mengikuti lomba yang diberikan oleh teman-temanku.

Salah satu lombanya adalah artikel. Aku tidak berpengalaman sama sekali dalam membuat artikel, bisa dibilang masih awam. Namun sangat mengejutkan ternyata artikel yang kukirimkan menang dan hadiahnya berupa diterbitkannya bukuku.

Sayangnya, kejadian itu merenggut kebahagiaanku. Laptopku terendam banjir beserta semua tulisanku lenyap karna hardisknya tidak dapat dibaca. Laptopku yang semula utuh menjadi berkarat. Aku sangat terpuruk dalam kondisi seperti itu. Butuh waktu beberapa lama untukku kembali bangkit.

Sampai akhirnya aku menemuka ODOP. Yang menyuruhku untuk menulis setiap hari. Aku pergi ke warnet untuk mengedit tulisan, lalu menulis kembali di handphoneku, semuanya kulakukan agar bisa mengirim tulisan setiap harinya. Dan aku sangat menikmati itu, aku sangat berterima kasih kepada komunitas ODOP yang membuatku menemukan kebahagiaanku, dengan menulis Cerpen, Puisi, Artikel, untuk melalui setiap tantang ODOP.

Walaupun aku suka menulis cerpen romance, tapi aku juga suka mencoba untuk menulis genre scifi, horror, sesuai tema yang ditentukan. Dan beberapa tulisanku seperti 'Malaikat Tanpa Sayap' adalah karya essay yang pernah kukirim namun gagal entah kenapa. Tulisanku "Secercah Harapan Baru" dan "Seindah Kunang-Kunang" juga merupakan karya yang ditolak.

Untungnya teman-teman komunitas selalu memberi respon positif untuk karya yang aku buat. Aku sangat berterima kasih sekali. Semoga akan tetap bertahan dengan memberi tulisan-tulisan yang akan aku fokuskan untuk ke depannya. Terima Kasih :)

***
#TantanganPekan2RWCOdop

4 comments:

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)