Wednesday 11 December 2019

Ulasan Cerpen : Demi Bangsa

0 comments

Orientasi 

Cerita ini berawal di era penjajahan, hingga kemerdekaan, atas nama Sumanto. Seorang pejuang yang menjadi saksi pertempuran 10 November. Dengan rasa nasionalisme akan kemerdekaan, motivasi oleh Bung Tomo, dan begitu besarnya keinginan untuk memerdekakan Indonesia, cerpen ini dapat membuat merinding. Menjadikan Sumanto, adalah pahlawan yang gugur di medan perang.

Tafsiran

Cerpen yang mengulik kilas balik pertempuran sejak Agustus hingga November ini ditulis oleh Ererigado yang lolos moderasi pada 17 Maret untuk tema perjuangan, sejarah dan nasionalisme di blog besar cerpenmu. Dengan penggambaran tokoh-tokoh yang sederhana, dan masuknya unsur sejarah kental dengan adanya nama Soekarno dan Bung Tomo, cukup membuat jiwa raga bergetar. Mengingat banyaknya kenangan yang terjadi di tanah Indonesia. 
Cukup membuat jiwa berdetak, saat kata per kata yang dirasakan oleh Sumanto sejak ia memegang bambu runcing, dengan ditemani Sutisno, untuk tetap mempertahankan Indonesia. Dengan hati yang berawal gemilang di bulan Agustus 1945, dan dengan gagahnya penggambaran Soekarno, tokoh seolah-olah merasakan kebahagiaan itu pula.
Namun, semuanya runtuh akibat penghianatan Belanda. Sehingga perlawanan masih tetap terjadi, Hal menarik yang ada di cerpen ini adalah, bahwa Sumanto dan tokoh lainnya tidak spesifik digambarkan, namun seolah ada hal yang bisa membuat kita menjiwai karakter Sumanto dan penempatan karater serta latar tempat yang sangat jelas. 


Evaluasi

Seperti cerpen fiksi sejarah lainnya, cerpen ini memiliki alur mundur dengan plot twist yang waw. Sangat millenial sekali untuk dibaca karena tidak ada kata-kata asing yang digunakan. Sosok semua tokoh seperti Sutisno memang tida sempurna dideklarasikan, tapi sosok Sumanto cukup membuat kita merasa kitalah yang berada di posisinya. 
Majas yang digunakan sangat mudah dicerna walaupun penulis patut diapresiasi karena peristiwa saat Sumanto tertembak begitu perih dirasakan, sangat menyesakkan dada, begitu digambarkan senjata-senjata yang digunakan pada kejadian 10 November. 


Rangkuman

Cerpen yang tidak terlalu panjang, tapi sangat memiliki nilai nasionalisme, motivasi yang cerdas, dan bagaimana harusnya kita, bagian bangsa Indonesia dapat merasakan perjuangan itu, dan menghargai pahlawan-pahlawan yang telah gugur di medan perang. Menjadikan cerpen ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. 
***
Cerita pendek dapat dibaca pada link : http://cerpenmu.com/cerpen-perjuangan/demi-bangsa.html atau klik tautan Demi Bangsa

Ulasan ini sepenuhnya ditulis oleh Sulis Rahmadani Hutagalung
Medan, 11 Desember 2019 (on my birthday)
#UlasanHistoricalFiction
#TantanganKelasFiksi
#ODOPBatch7


Leave a Reply

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)