Tuesday 28 January 2020

Bahaya Rokok Elektrik Vape Bagi Tubuh Dilihat Dari Kandungannya

0 comments

Bahaya Rokok Elektrik Vape Bagi Tubuh Dilihat Dari Kandungannya


Bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh bisa dilihat dengan lebih baik dari kandungan yang dimilikinya. Sesungguhnya ada banyak hal yang sudah muncul akibat penggunaan dari rokok elektrik yang terlalu berlebihan. Untuk anda yang penasaran, maka berikut ini adalah ulasan mengenai bahaya dari penggunaan rokok elektrik. 


Bahaya penggunaan rokok elektrik dari segi kandungan yang dimilikinya 


Rokok elektrik merupakan salah satu jenis alat yang cukup banyak diperhatikan. Pada awalnya alat ini merupakan alat yang cukup dikenal aman dan banyak dipilih untuk menggantikan ketergantungan terhadap rokok. Akan tetapi belakangan ini pihak dari BPOM Indonesia mengusulkan bahwa penggunaan vape akan lebih baik untuk dilarang karena ada banyak kandungan bahaya dan juga kasus yang muncul di masa kini yang membuktikan bahwa penggunaan dari vape ini cukup membahayakan. Apa saja kandungan dan bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

·                     Gliserin 
Kandungan pertama yang dimiliki oleh cairan rokok elektrik adalah gliserin. Gliserin adalah sebuah kandungan yang digunakan untuk membuat uap air. Kandungan inilah yang membuat vape dapat memproduksi sejumlah besar asap yang bisa dibentuk dan bahkan dijadikan lomba. Sayangnya bahan ini adalah bahan yang cukup mengganggu. Ketika vape digunakan dalam waktu lama, bahan ini nantinya akan menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan pengguna vape. 

·                     Nikotin 
Banyak orang mau beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik karena kandungan nikotin yang sama yang bisa ditemukan di rokok elektrik ini. Dalam banyak penelitian, kandungan nikotin pada rokok elektrik ini memang lebih sedikit dibandingkan dengan rokok konvensional, sayangnya kandungan ini akan meningkat ketika rokok elektrik dihisap lebih dari 5 menit. Inilah Bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh yang cukup mengagetkan karena jarang dibahas pada kemunculan rokok elektrik dahulu. 

·                     Perasa 
Hal lain yang menyebabkan rokok elektrik sangat diminati adalah adanya perasa yang dimilikinya. Dengan adanya perasa ini menyebabkan aroma dari asap yang dikeluarkan dari rokok elektrik tidak seapek aroma dari rokok konvensional akan tetapi jangan pikir mereka lebih ramah. Meski aromanya lebih enak tapi asap dari rokok elektrik ini sama berbahayanya baik untuk perokok aktif maupun perokok pasif. Oleh karena itu anda tetap harus berhati-hati baik sebagai perokok aktif maupun pasif. 

·                     TSNA
Komponen ini adalah salah satu komponen yang menyebabkan bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh. Bahan ini merupakan bahan yang memiliki sifat karsinogenik yang juga ditemukan pada tembakau. Selain itu ada juga komponen Nitrosamin dan komponen lainnya seperti komponen logam yang juga akan mengancam kesehatan tubuh anda sebagai pengguna rokok elektrik.


Bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh karena penyalahgunaan


Selain bahan karena kandungan umum yang dimilikinya, saat ini ada beberapa kasus yang menyebabkan penggunaan dari rokok elektrik ini menjadi lebih bahaya lagi. Salah satunya adalah penggunaan senyawa THC pada rokok elektrik. 

Senyawa THC adalah senyawa yang juga muncul pada ganja. Keberadaan senyawa ini memiliki bahaya yang cukup serius. Selain menyebabkan kerusakan fungsi saraf seperti pada penggunaan ganja, penggunaan vape yang memiliki senyawa THC juga bisa menyebabkan kemunculan penyakit EVALI. 

Penyakit EVALI adalah penyakit yang muncul akibat pengguna rokok elektrik dengan kandungan THC dalam jangka panjang. Penyakit ini menyerang paru dan menyebabkan kerusakan paru serius. Di tahun 2019 pada bulan April dilaporkan ada lebih dari 2000 kasus penyakit EVALI yang muncul dan 39 diantaranya meninggal. Ini adalah salah satu Bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh yang perlu anda perhatikan kembali. 


Bahaya rokok elektrik dari segi penggunaannya 


Bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh yang selanjutnya bisa dilihat dari segi penggunaannya. Salah satu hal yang membedakan rokok elektrik dengan rokok konvensional adalah penggunaan aliran listrik dalam penggunaan rokok elektrik ini. Sayangnya keberadaan aliran listrik ini merupakan salah satu ancaman. Dengan adanya aliran listrik, maka ada resiko lebih besar dimana rokok elektrik yang anda gunakan bisa saja meledak saat digunakan. Ini adalah salah satu bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh yang terakhir yang bisa kami berikan. 



Leave a Reply

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)