Saturday 12 September 2020

HOW'S YOUR PERSONALITY?

1 comments

Kau bisa mengubah sebagian dari apa yang kau benci, bahkan apa pun yang kau suka. Tapi kau tidak akan pernah bisa mengubah kepribadianmu. Sebab itu dibentuk sejak kau lahir hingga sekarang.


Setidaknya itulah alasan kenapa aku harus mengikuti Tantangan menulis 30 hari ini. Sebagai seorang yang mengidam-idamkan menjadi penulis, mungkin aku gagal. Beberapa kali aku mencoba fokus untuk tulisanku, tapi hasilnya selalu sama saja, gantung atau tidak pernah berakhir. Aku hanya menulis beberapa part sejak aku SD, SMP, bahkan aku SMA, setidaknya kepribadian yang tidak bisa diubah adalah tidak pernah bisa fokus akan sesuatu. Bahkan setiap kali aku fokus akan sesuatu, sesuatu itu jarang berakhir baik. 

Pernahkah kau merasa di titik terendah dalam hidupmu? Saat kau mengidamkan sesuatu hal tapi tidak pernah kau dapatkan bahkan setelah kau fokus untuk mengejarnya? Setidaknya itulah yang membuatku sadar bahwa aku telah salah dalam memilih kepribadianku sendiri. Aku juga bukan orang yang rajin, tidak tahu apa namanya tapi kadang-kadang, merapikan kamar sendiri pun sulit sekali, tapi aku tetap membantu ibuku dalam mengurus pekerjaan rumah. 

Pribadiku menjengkelkan, kerap kali aku menertawakan sesuatu bukan karena benar-benar lucu, tapi karena aku menghargainya. Aku juga bukan orang yang suka menghina orang lain atau mengejek seseorang hanya karena bentuk fisiknya, karena aku juga pernah merasakan hal yang sama. Aku pernah kurus, lalu gemuk, lalu sedang dan begitu seterusnya. Rasanya, cacian yang aku terima tidak sanggup untuk kulempar balik bahkan pada orang yang pernah mencaciku.

Aku tidak suka diusik. Sebenarnya, aku ini pendendam. Siapa pun yang pernah berurusan denganku dalam hal yang tidak baik, aku akan menunjukkan ekspresi tidak baikku pula di depan orangnya. Sangat tidak profesional dalam mengendalikan emosi. Tapi itulah aku, temperamen akan sesuatu yang memancing emosi, bahkan aku bisa memukul seseorang, tidak peduli itu laki-laki atau perempuan hanya karena mereka membuatku marah. Dan aku tidak peduli pula jika itu dilayangkan kembali padaku, karena aku tidak takut sentuhan fisik, tapi aku sensitif terhadap orang yang menyinggung perasaanku. Hatiku ini, lemah sekali sebenarnya. 

Sehari-hari aku melakukan pekerjaanku seperti, belajar untuk mencapai impianku, dan salah satu kepribadian yang kusuka adalah, aku sangat sopan terhadap orang yang lebih tua. Percaya tidak percaya, tapi aku memang termasuk anak yang berbakti. Rajin mengaji walaupun tidak hafidz seperti idola masing-masing orang. Tapi ada satu kepribadian yang membuatku dibenci orang-orang adalah, ramah. Keramahan yang kubuat sering kali membuat orang salah paham dan malah menyukaiku. Bukan karena aku merasa cantik atau merasa disukai, tapi itulah kenyataanya. Sering kali aku kehilangan sahabat karena dia merasa bahwa aku mengkhianatinya Namun, sekali lagi, aku bisa mendapatkan teman sebanyak yang kumau. 

Namun salah satu kepribadian yang paling kusenangi adalah diam. Melihat sekitar, menjadi pemicuku dalam menulis dalam diam. Bahkan kebiasaan yang setiap saat kulakukan adalah, mencintai dalam diam. Dan menulis kisah sedihku pula dalam diam melalui laptop, handphone, bahkan buku diary favoritku. Pernah diriku merasa bahwa aku bisa memegang kendali, paham dengan hiruk pikuk dan kejamnya dunia, jadi setidaknya aku punya sugesti untukmu,

 "Seberapa sering kau mengubah kepribadianmu, itu tidak akan pernah berubah hanya karena seseorang menyuruhmu, itu berasal dari hati, dibentuk dari kebiasaanmu sejak dini, jadi jika seseorang menjauhimu karena kepribadianmu setidaknya membuka jalan bahwa mereka tidak bisa menerimamu apa adanya." 


#30DAYSWRITINGCHALLENGE

#DAY1DESCRIBEYOURPERSONALITY 

Twitter: ssseruni


1 comment:

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)