Saturday 2 May 2020

REVIEW BLOG KEREN, MZAINI.COM.

1 comments


Halo, selamat malam, apa kabar semuanya? Saya harap kalian baik-baik saja. Apalagi yang berada di kota-kota besar menghadapi pandemic COVID-19. Jaga kesehatan dan tetap di rumah ya. Hari ini saya akan mereview salah satu blog keren dan favorit yang pernah saya lihat sekaligus merupakan sesama anggota Komunitas ODOP.

TEMPLATE


Yap. Nama blognya sesuai dengan namanya yang saya tahu. Zen, biasa dipanggil begitu. Blog mas Zen ini sederhana, putih, dan aku tahu persis templatenya dari igniel. Sebenarnya sejak pertama kali melihat blognya, saya sudah terkesan dengan penampilannya. Terlepas dari domain yang menandakan blog ini bukan sembarang blog, templatenya juga sudah sangat mahal. Bahkan saya beberapa kali hendak mengubah template saya menjadi seperti ini. Membuat menu dropdown tidak terlalu rumit bagi saya, hanya saja, tema blog pribadi saya sudah sangat meriah. Segalanya perlu dirombak ulang jika memang ingin digunakan karena tema itu saya sendiri yang membuatnya. Mungkin berawal dari blogster, tapi blogster hanya sederhana, dari atas sampai bawah saya yang merubahnya.

Sebenarnya dulu blog saya warnanya putih, tapi bagi saya terlalu biasa saja, tapi jika melihat tulisan-tulisan dari Mas Zen ini, sudah dipastikan inilah yang terbaik. Kenapa? Karena saya yakin blog Mas Zen ini paling banyak dicari karena berisi banyak ilmu pengetahuan khususnya programming. Sangat berbeda dengan blog saya yang hanya mereview karya-karya sastra, film-film, dan tak sedikit cerminan hidup saya. Jadi, bagi saya templatenya udah keren sekali. Tidak perlu yang berlebihan.

Masih bagian tampilan, yang paling saya sukai dari blog Mas Zen ini adalah labelnya. Memang, semua blog memiliki label. Tapi label Mas Zen ini sangat rapi, orang-orang yang mengunjunginya juga tidak susah payah mencari apa yang diinginkan. Sangat berbeda dengan label yang saya buat dan sangat panjang, tidak berurutan, bahkan kadang-kadang ada tulisan yang tidak diberi label sama sekali. Benar-benar bukan blog untuk interest orang, tapi untuk menghibur diri sendiri. Beda dengan Mas Zen yang blognya keren sekali untuk dibaca.

POPULAR WRITING



Kebetulan sekali saya jurusan teknik elektro jadi hal-hal semacam ini sudah biasa saya lihat bahkan saya kerjakan. Apalagi membuat "Hello World" yang merupakan pelajaran dasar dari programming. Jadi tidak heran jika menjadi tulisan favorit dan dibaca lebih banyak orang. Jika kita sudah sering mendengar html, maka tentunya tidak lepas dari css dan javascript. Hanya saja, css dan javascript tidak semudah html. 

Tidak heran jika blog ini punya domain sendiri, karena blognya berguna sekali untuk orang banyak. Ditambah lagi jika Mas Zen ini punya adsense, pasti menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan. Tulisannya mudah dimengerti dan membuat para pembaca tidak harus bertanya ulang karena saya melihat tidak ada juga yang komen. Keren sekali Mas Zen ini. 


Jangan lupa untuk klik menu dropdownya jika ingin melihat tulisan-tulisan keren Mas Zen yang lain.

Selain pintar dalam bidang website dan linux, ternyata Mas Zen ini juga pandai membuat cerpen, aktif sekali menulis dan websitenya seperti tidak pernah mati. Apakah ini memang benar-benar hobinya? Entahlah. Kalau saya memang hobi menulis sesuatu apalagi fiksi, kadang-kadang sering bermimpi untuk menerbitkan novel tapi saya sejak kuliah malah lebih sibuk mengerjakan tugas dan ada saja alasan untuk bermalasan mengerjakan naskah. Jadi saya hanya penulis puisi yang kebetulan bisa terbit dan soon "Slice of Life" dari komunitas ODOP.

Selain orangnya baik dan tidak pelit ilmu, Mas Zen ini ternyata orangnya lucu. Bisa dilihat dari kutipan tulisannya berikut ini, "Aku tau semuanya, ya aku tau kamu lagi baca blog buatanku ini." Oh iya, ada hal lain yang saya temukan di blog ini yakni, tulisan-tulisannya tidak bisa dicopy paste, beda dengan blog buatan saya yang karena tidak tahu caranya jadi ya orang-orang bisa mengambil karya saya kapan pun. 


KESIMPULAN


Siapa pun yang sering membaca postingan saya, sudah pasti tahu setiap akhir dari review pasti saya beri kesimpulan. Jadi menurut saya blog Mas Zen ini tergolong rapi, keren, pintar dalam mengatur posisi dan menunya. Bahkan saya lebih suka blog ini daripada blog saya sendiri yang acak-acakan. Selagi pun tampilannya landscape, dan benar-benar seperti blog berkelas dengan domain (.com) yang biasanya. Saran saya hanya pertahankan apa yang sudah jadi saat ini, tetaplah berkarya karena karya tidak memandang siapa pembacanya, tapi siapa penulisnya. Dan satu hal yang bisa saya minta dari blog ini adalah, biarkan saya menjadikan ini referensi untuk template dan tulisannya. 

Sepertinya itu saja yang bisa saya ulas, review, bedah atau apalah namanya. Jika ada yang kurang atau lebih mohon dimaafkan karena saya hanya manusia biasa yang juga sedang dalam masa karantina. Bedanya, karantina Mas Zen bermanfaat dengan menulis blog, saya hanya terus-terusan bacot di twitter. Semoga kita selalu dilindungi Yang Maha Kuasa. :)

1 comment:

  1. Yang label Membuat Aplikasi belum tak lanjutin eh. Masih mager buat back to basic. Hahahahaha...

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)