Thursday 16 April 2020

REVIEW MALAM JUMAT : SEMISTIS ITUKAH?

0 comments
Hallo. Selamat Malam. You have a great soul when you're read this. Okay, langsung aja, malam ini aku mau ngebahas soal "Friday Night" karena bertepatan juga dengan malam jumat. 

Nah sebenernya apa sih yang ngebuat orang-orang pada takut soal misteri-misteri tentang malam jumat? Well, setelah aku adakan riset, ternyata malam jumat itu sendiri tidak memiliki cerita fakta yang benar-benar terjadi. Namun, istilah ini melejit karena adanya film bertemakan malam jumat yang diperankan oleh Suzzanna di tahun 1986 berjudul "Malam Jumat Kliwon."





Sebelum itu, aku mau menjelaskan dulu apa itu kliwon. Mungkin kalau di film-film barat, "Friday Night" digambarkan dengan sosok jason yang sangat mengerikan, aku sampe ga habis pikir kenapa dia ga bisa mati padahal udah dibunuh dengan cara apa pun. Bedanya, di Indonesia tidak ada film seperti itu, hanya saja film horror bertemakan malam jumat ini memang sangat banyak. Bahkan konteks malam jumat kliwon itu sendiri sudah mistis di telinga masyarakat.

Kliwon adalah nama hari dalam sepasar atau juga disebut dengan nama pancawara, minggu yang terdiri dari lima hari dan dipakai dalam budaya Jawa dan Bali. Hari Selasa-Kliwon dinamakan hari Anggara Kasih dan dianggap sebuah hari yang istimewa dalam budaya Jawa dan Bali. Malam jumat kliwon memiliki beberapa alasan sehingga dikeramatkan oleh orang Jawa. 

Beberapa alasan yang sudah aku rangkum meliputi:

1. Malam yang punya kekuatan magis.

Konon katanya malam ini sering dilakukan aktivitas dan upacara yang dipercayai oleh legenda. Seperti memandikan keris, dan sebagainya. Kalo aku pribadi sih, justru malam yang punya kekuatan magis ini sebaiknya digunakan untuk mengaji, membaca Al-Qur'an daripada melakukan hal-hal aneh seperti pesugihan dan lain-lain. 

2. Dedemit banyak yang berkeliaran.

Dedemit atau biasa disebut dengan arwah-arwah atau hantu yang berkeliaran di lokasi-lokasi tertentu. Tentunya juga bisa ada di sekitar kita. But then again, daripada harus mengganggu balik dedemit tersebut, lebih baik kita hindari dengan mengaji, berdoa, dan melakukan sholat-sholat tertentu agar dijauhi dari dedemit.

3. Arwah leluhur pulang ke rumah.

Ini sering aku denger sih, katanya kalau orang-orang yang telah meninggal seperti kakek, nenek, dan kerabat-kerabat kita, akan datang di malam jumat (tidak hanya di malam jumat kliwon) seperti untuk melihat aktivitas kita di rumah. Aku sebenernya tidak terlalu percaya, hanya saja ibundaku sangat percaya dengan hal ini, setiap malam jumat kami bahkan dihimbau untuk mengaji dan mendoakan leluhur. "Mereka datang ke sini, melihat kita." Kira-kira respon ibundaku begitu.

4. Meninggal di malam jumat kliwon dianggap baik.

Bagi kami umat muslim, tidak hanya untuk orang Jawa, meninggal di malam jumat dan hari jumat juga bisa dikategorikan khusnul khotimah dan masuk surga. Orang-orang yang meninggal di hari tersebut juga biasanya orang yang baik. Tapi ini kembali lagi berdasarkan kepercayaan yang dianut oleh masing-masing orang.

Alasan-alasan tersebut aku rangkum dari beberapa artikel juga, seperti boombastis.com, hanya saja mereview ulang bagian-bagian mana yang aku percayai dan bisa dijadikan bahan referensi dalam artikel ini. Kalau aku pribadi, setiap malam jumat pastinya selalu mengikuti pengajian Remaja Masjid dekat rumah, yasinan, takhtim, tahlil, dan doa. Rutinitas ini kami lakukan sudah sejak lama, bahkan dari aku SMP. Karena kebetulan adanya pandemic COVID 19, jadwal libur kami yang harusnya sudah berakhir sejak seminggu yang lalu, harus diperpanjang.

Nah oleh sebab itulah, aku beserta anak rantau yang lain berdiam di rumah hingga bulan Juni itu pun sesuai arahan rektor jika covid 19 benar-benar hilang. Sedikit out of topic, jadi tadi pagi ada yang ngirim paket ke aku, paketnya berupa makanan ringan dan juga surat. Bisa kutebak itu adalah kiriman dari temanku yang di Medan, mungkin karena sudah rindu hampir sebulan tidak bertemu. Tapi aku appreciate banget, apalagi dia juga membawakan flashdisk yang berisikan film "Money Heist" yang bisa menemani kegiatan aku selama di rumah.

Well, kembali lagi ke topik kita "Friday Night" yakni malam jumat, aku cuma berpesan aja, sebenarnya gak ada yang seram dari malam-malam apapun itu, seramnya tergantung gimana kita menanggapinya, yang penting tiap malam jangan berbuat aneh-aneh dan selalu pada konteks yang baik. Bagi umat muslim, jangan lupa shalat, baca Qur'an dan jangan bolong puasanya karena sebentar lagi Ramadhan. Dan buat nonmuslim, tetap lakukan kegiatan-kegiatan ibadah lainnya dan jangan lupa juga berdoa agar virus ini secepatnya menghilang. 

Untuk menemani malam jumat kamu, dan menantang seberapa beraninya untuk nonton, aku akan memberikan beberapa film yang menjadi rujukan malam ini. 

Friday the 13th 

Film ini banyak banget sekuelnya, tapi dimulai tahun 1980 dan yang pasti seperti yang sering kita dengar, konfliknya berupa Jason, membunuh semua orang yang datang ke tempat ia berada. Sedikit review : 
Kai Bova :Being a fan of the friday the 13th franchise, my most favorite one to look back at is the first movie created in the series. I enjoyed most of the film. It was cool to see kevin bacon perform, and many other celebrities that made the movie alot better.

Malam Jumat Kliwon

Film ini sejatinya memiliki rating yang bagus dan untuk pecinta film horor Indonesia, rasanya kurang kalo ga liat akting Suzzanna di film ini.

Film Friday 13th banyak banget seriesnya jadi kalau mau nonton satu malam ga akan mungkin, jadi saran aku tiap minggu nontonnya biar ada kerjaan juga kan. Nah kayak itu aja deh yang bisa aku bahas dari Friday Night. Seterusnya kalau kalian udah baca dan mau request apa yang akan aku bahas nanti, boleh-boleh aja langsung aja hubungi sosmed aku di bagian atas yah. Don't forget to Stay At Home and keep your healthy.



Leave a Reply

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)