Thursday 25 June 2020

WAKTU DAN KESEMPATAN

0 comments



Selama pandemic COVID 19, banyak mahasiswa, pelajar yang disarankan untuk kuliah online. Bahkan sistem pembelajaran online itu sudah merebak hampir seluruh Indonesia. Kenapa hampir? Karena masih banyak saya lihat siswa SMA yang masih masuk sekolah dan bertatap muka di kota saya. 

Walaupun begitu, saya sendiri juga mahasiswa yang mengikuti kuliah online, adik saya yang masih SMP juga begitu. Tapi jujur saja, sistem online memiliki pembelajaran yang lebih susah. Kenapa? Kita harus mengirimkan ujian, ataupun tugas melalui email dengan tenggat waktu yang sangat tipis, jadi kita terburu-buru mengerjakan bersamaan dengan waktu scannya.

Kebijakan pendidikan selama pandemic sebenarnya menurut saya tidak merugikan, justru bagus apalagi social distancing untuk menghindari tular menular penyakit. Bahkan menurut kampus saya, ada kemungkinan semester tujuh akan tetap berlangsung kuliah online.

Alih-alih kuliah online, sebenarnya itu adalah cara yang bagus untuk belajar dari rumah. Sama halnya dengan hobi kita yang misal suka menulis, maka menulislah dari rumah. Berkaryalah dari rumah. Tidak ada yang tidak bisa dikerjakan jika kita mau berusaha. Oleh sebab itulah belajar dari rumah itu sangat penting.

Saya sendiri melakukan pembelajaran dengan cara menggunakan laptop, melihat bahan yang sudah diberikan oleh dosen, lalu mengerjakan presentasi, mengerjakan tugas dengan tenggat waktu yang diberikan. Semuanya dilakukan dengan sangat maksimal agar IP selama kuliah online ini tetap bagus.

Jadi menurut saya, tidak ada yang salah dengan kebijakan pendidikan selama pandemic ini, yang terpenting tidak membuat kita malas apalagi waktu belajar digunakan untuk bermain game, berleha-leha dengan social media. Semoga kita semua diberikan waktu dan kesempatan untuk berkarya dan belajar lebih banyak lagi. 

Leave a Reply

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)