Wednesday 6 November 2019

About Metisazia (2)

0 comments
Metisazia adalah grup kepenulisan pertama yang saja jalani di tahun 2017, nah ini beberapa kenangan yang berupa hal-hal negatif di Metisazia. Sudah pernah saya bahas latar belakangnya di blog sebelumnya.
 


Hal negatif yang terjadi pada grup ini:

             Aku bukan member yang tergolong sering aktif, bukan karena sengaja, tapi memang mungkin ada suatu alasan, tapi aku hanya lupa mengatakannya pada yang bersangkutan.
Tapi apapun itu, kapanpun itu, pasti ada hal-hal yang tidak bisa tersampaikan tapi negatif untuk didengar.            
            Pertama, negatif dari segi obrolan. Awal yang bagus bila bercerita panjang lebar dengan kata-kata yang agak menyinggung sesuatu atau bahkan berucap hal yang tidak pantas. Sangat wajar bila dilakukan sekali-sekali, tapi kebanyakan member banyak yang menggubrisnya dengan sangat cepat dan terkesan menyakitkan.    
            Kedua, hal yang terjadi adalah seperti perdebatan. Kadang setiap grup memang memiliki perselisihan akan perbedaan pendapat. Dan hal itu kerap terjadi di obrolan grup ini.
            Ketiga, kurangnya ketelitian. Mengingatkan ketelitian pada sesama sangat kurang dimiliki oleh para member. Kadang ada note yang bisa membuat member salah paham dengan maksudnya. Walaupun itu tidak disengaja, tapi sangat berdampak apalagi jika yang membacanya tidak sedang dalam mood yang diinginkan.            
            Hal negatif lainnya yang terjadi adalah kurangnya info dan saling mengingatkan. Memang, bisa dikatakan itu sepenuhnya salah penanya. Tapi tidak ada salahnya bukan mengingatkan satu sama lain?       
            Termasuk saat obrolan penting tenggelam oleh obrolan yang tergolong tidak penting dan hanya sekedar canda ria. Karena tidak semua member bisa aktif semudah itu, dan kadang pula saat mereka membuka obrolan, sudah banyak bertengger notifikasi grup hingga dua ratus sekian.  Dan itu sangat tidak memudahkan pencarian akan obrolan yang penting, termasuk info yang ketinggalan seperti poin di atas.  
            Selain itu, mereka yang cenderung tidak mengerti materi memiliki definisi sendiri saking bingung dengan ketidaknyamanan yang terjalin dalam grup dengan anggota yang tergolong sedikit ini.    
            Pada saat materi, pasti ada beberapa orang yang bertanya dengan sangat tidak nyambung dan mungkin membuat sebagian geram dan tertawa. Tapi justru inilah yang menimbulkan kesan negatif satu sama lain.
            Setiap persepsi orang berbeda, dan aku pun merasa banyak bersalah akan hal negatif yang terjadi pada grup. Tapi kita juga manusia dan bisa khilaf. Terkadang itu menjadi sebuah pelajaran.
            Sekalipun hal yang terjadi di grup berbau negatif, banyak juga member yang merasa santai seakan itu respon positif. Tidak ada keganjalan karena semuanya berlaku sama. Tapi percayalah, hal negatif tidak pernah sebanding dengan positifnya. Kita hanya berlaku adil pada sesuatu yang kita hadiri, kita rasakan, dan semua member pasti berlaku hal yang sama.
 

Leave a Reply

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)