Sunday 3 November 2019

KOMUNITAS ODOP

4 comments


Hari ini merupakan pekan terakhir perjumpaan dengan One Day One Post, tapi bukan berarti aku tidak memposting lagi beberapa kisah. Justru hari ini merupakan awal dari segalanya. Dan di sini, aku akan menceritakan apa sebenarnya Odop itu. Odop berasal dari kata One Day One Post yang berarti satu hari satu tulisan.

Sama seperti terjemahannya, aku dituntut untuk menulis setiap hari dengan waktu yang sudah ditetapkan tidak boleh melebihi jam 23.59. Apa saja yang bisa didapatkan di Komunitas Odop ini? Simak hal-hal berikut.

1. Pengetahuan

Banyak sekali pengetahuan yang didapatkan dan berkaitan dengan tulisan. Bagaiman cara membuat cerita fiktif, nonfiktif, revie, biografi, dan banyak hal lain dalam satu grup dengan tokoh-tokoh yang berpengalaman di bidangnya.

2. Bedah Karya

Semua tulisan yang kita tulis akan dilihat dan dibedah dari mulai struktur penulisan, EYB, hingga pengguanaan kata yang pas. Biasanya yang sudah mahir dalam hal ini adalah penulis profesional dan memang sudah berkecimpung lama di Odop

3. BlogWalking

Jangan khawatir tulisanmu tidak ada pembaca, karena penulis menulis dari hati untuk mengimpress diri sendiri, dan untuk membuat pembaca jatuh cinta akan tulisan kita. Dan Odop sukses membuat aku merasa tulisanku dicintai dengan adanya Blog Walking. Adalah suatu kegiatan di mana semua peserta dalam satu grup berjalan-jalan ke blog temannya untuk memberikan masukan, kritik, dan juga semangat untuk lanjut ke tantangan berikutnya.

4. Tantangan

Satu hal yang lumayan sulit namun mudah. Kenapa? Karena sebenarnya di pengetahuan sendiri sudah diajarkan dulu apa saja yang harus diketahui. Lalu kita hanya perlu melaksanakan masukan-masukan yang diberikan oleh para tokoh-tokoh yang berpengalaman di bidang tersebut. Tantangan dilaksanakan setiap satu kali dalam satu pekan. Dan sebaiknya tantangan dulu dikerjakan baru tulisan-tulisan lain yang belum dipost.

5. Pemandu yang sangat baik

Pemandu atau biasa disebut koordinator dalam setiap grup sangat baik dan memberikan yang terbaik agar pesertanya lanjut. Karena semua peserta juga disuruh menulis dan akhirnya diseleksi melalui instagram komunitas itu sendiri, maka pemandu berhak mempertahankan peserta tersebut. Diskusi, dan meninggalkan keluh kesah pastinya didengarkan oleh para pemandu atau penanggung jawab. Baik laki-laki dan perempuan.

6. Mengajarkan kita banyak hal

Dalam mengikuti komunitas ini banyak yang aku dapatkan, dari mulai mengatur waktu hingga bersikap sopan untuk yang lebih tua. Sekali aku salah memanggil nama orang, dan menganggap teman sebaya padahal ia adalah tokoh yang luar biasa. Pada saat blog walking, aku mengenal semua orang yang membaca tulisanku. Walaupun mereka lebih tua dariku tapi bisa menempatkan posisi seolah mereka pernah ada di posisiku, sebagai anak kuliah.

7. Diskusi Terbaik

Diskusi terbaik saat semua keluh kesah kita ditampung di malam hari setelah jadwal bedah karya. Aku pernah curhat bagaimana aku mengetahui bahwa aku salah jurusan, dan mereka memberikan solusi terbaik di mana aku pasti bisa menjalaninya. Sama seperti aku selalu mentweet di twitter dan kemudian banyak orang yang mereply.

8. Pengalaman dan Teman

Tidak ada yang lebih mengajarkan kita dibanding pengalaman, dan di sini aku menemukan pengalaman yang luar biasa dan teman yang bisa kompak dan saling mengingatkan satu sama lain.

Setidaknya aku merasakan kekeluargaan di Komunitas ini, banyak pembelajaran yang membuat aku semakin ingin berkarya dan menerbitkan novel. Walaupun aku sangat terpukul karena laptopku kena banjir, tapi aku akan tetap semangat untuk membuat lagi novel dan diterbitkan di 2020. Doakan yah, semoga semuanya berjalan lancar. Dan jangan lupa, coba ikut Komunitas Odop jika ada pendaftaran berikutnya di Batch 8. Akan banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan.

4 comments:

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)