Thursday 17 October 2019

Viral Fresh Graduate UI yang menolak Gaji 8 juta

4 comments


Baru-baru ini tagar di Twitter trending dengan #LulusanUI dan  #Gaji8Juta. Pasalnya, hal ini dipicu karena tulisan salah satu pengguna Intagram itu begitu sombong karena dia dengan bangganya menolak gaji 8 juta rupiah hanya dengan berpegangan pada nama kampusnya.

Sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari orang-orang belum terbiasa dengan “Fresh Gradute”. Fresh Graduate sendiri merupakan gabungan dari kata ‘fresh’ yang artinya segar atau masih baru dan ‘graduate’ yang artinya sudah lulus. Jika didefenisikan maka Fresh Graduate adalah ungkapan untuk mahasiswa yang baru lulus atau menyelesaikan studi Strata 1 maupun Diploma.

Fresh Graduate yang viral ini walaupun sebenarnya belum diketahui pasti siapa  pemilik akun karena semua orang yang memposting selalu menutup nama penggunanya. Tidak masalah untuk seseorang jika tidak terima dengan penolakan gajinya atau mungkin menurutnya memang dia pintar dan wajar saja menerima gaji yang lebih layak dari itu.

Namun yang menjadi permasalahan adalah, si pengguna tidak memikirkan dampak ketika memposting hal tersebut di instastorynya, karena yang melihat tidak hanya geram dengan kesombongannya justru juga membuat nama kampusnya akan terkesan jelek karena dikenal dengan Fresh Graduate yang tidak tahu asal-usulnya memilih untuk menolak gaji 8 juta.

Gaji 8 juta bukan gaji yang sedikit. Banyak orang di luar sana yang tidak bisa mendapatkan gaji sebesar itu, bahkan memulai interview saja sudah ditolak. Lalu ada orang yang membawa nama kampusnya untuk menjatuhkan orang-orang yang bahkan tidak bekerja dan bisa jadi perusahaan yang menawarkannya akan sangat menyesal.

Untungnya jika seseorang itu memang benar-benar cerdas dan tidak hanya bersikap sepele ya alhamdulillah, namun kebanyakan orang-orang yang suka menyepelekan sesuatu dan sombong adalah orang-orang yang tidak memiliki kepribadian yang baik. Lantas jika integritas saja tidak punya lalu apa lagi yang bisa dibanggakan?

"Dulu, nama besar kampus disebabkan oleh karena kehebatan mahasiswanya. Sekarang, mahasiswa ingin hebat karena nama besar kampusnya" (pidibaiq) #LulusanUI  Dikutip dari salah satu pengguna Twitter @Sandiinugraha1 dengan retwet 1,2 ribu dan like 1,4 ribu.

Di kehidupan sehari-hari akan selalu ada orang yang lebih baik dari orang-orang yang sombong. Apalagi akan selalu ada yang pernah berada di kampus yang sama, jadi dalam menggunakan sosial media seharusnya bisa memilah apa yang bisa dijadikan curhatan di instastory apalagi jika konteksnya membawa sesuatu hal yang ‘meroket’ tanpa memikirkan perasaan orang lain. Mahasiswa bukan tentang seberapa gaji tinggi setelah wisuda tapi seberapa cerdas berpikir untuk mengubah pola pikir dengan memikirkan segala dampak untuk hal yang lebih bermanfaat.

4 comments:

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)